Wednesday, April 18, 2012

Khotbah Jum'at tentang Ruh yang dicabut

Posted by with No comments

Khatib menceritakan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Zaid bin Tsabit... Bahwasanya Rasulullah berziarah untuk melayat... Lalu Rasulullah bersabda : "Bila mayat ini adalah orang shalih, sesungguhnya Allah mengirim dua malaikat kepadanya untuk mencabut ruh dari jasadnya dengan penuh kelembutan. Lalu ruh itu dibalut dengan kain kafan dari syurga. Kemudian ruh itu dibawa ke langit. Saat tiba di langit pertama, para malaikat di langit tersebut bertanya kepada dua orang malaikat yang membawa ruh tadi, "Ruh siapakah itu? begitu wangi semerbak kasturi."

"Fulan bin Fulan" jawab kedua malaikat pembawa ruh. Lalu di bawa ke langit kedua, ketiga, hingga langit tertinggi di hadapan Arsy Allah, maka Allah berfirman, "Simpanlah amal-amal baiknya di 'illiyyin."

Setelah itu ruh tersebut dihantarkan kembali ke alam barzakh (alam kubur) untuk bertemu jasadnya. Kemudian, di alam kubur ia ditanya 3 pertanyaan, Siapa tuhamu, siapa nabimu, dan apa agamamu. Maka ia pun dapat menjawabnya dengan ringan.

Kemudian didatangkanlah seseorang yang wajahnya putih bersih bercahaya, harumnya seharum kasturi. Dia pun bertanya, "Siapa dirimu?" Maka orang tersebut menjawab, "Aku adalah amalanmu selama di dunia."

Kemudian malaikat berkata, "Selamat menikmati karunia Allah, dia (amalan tadi) akan menemanimu hingga hari kebangkitan."Adapun bila yang meninggal adalah pelaku maksiat, pendosa, atau bahkan orang kafir, sesungguhnya Allah telah mengutus dua malaikat kepadanya untuk memisahkan ruh dari jasadnya, mencabutnya dengan keras secara paksa, yang sakitnya seperti mencabut belahan bambu dari (maaf) duburnya.

Setelah itu ruhnya dibalut oleh kain kafan yang berbau busuk dan dihantarkan oleh kedua malaikat tersebut ke atas langit. Namun pintu langit tidak mau terbuka. Maka Allah berfirman, "Simpanlah amalan-amalan buruknya di sijjin." Kemudian ruh itu dilemparkan dari langit pertama ke alam barzakh untuk bertemu jasadnya.

Di alam barzakh, ia ditanya 3 pertanyaan yang sama, siapa tuhanmu, siapa nabimu, dan apa agamamu. Namun karena dia adalah ahli maksiat, pendosa, bahkan kafir, dia tidak bisa menjawabnya dan menjerit-jerit. Dan setiap kali dia tidak bisa menjawab, maka malaikat memukul wajah dan punggungnya dengan cambuk yang bisa membakar.

Setelah itu, didatangkanlah seseorang yang hitam legam wajahnya, buruk rupanya, dan busuk baunya. Dia bertanya, "Siapa kamu?" orang itu menjawab, "Aku adalah dosa-dosamu selama di dunia."

Maka malaikat berkata kepada orang itu, "Rasakanlah azab Allah berupa himpitan alam barzakh dan siksaan malaikat. Dan dia (dosa-dosanya) akan menemanimu hingga hari kebangkitan." 

masih adakah yang meragukan akan nikmat dan siksa kubur?

0 comments:

Post a Comment